Harapan Senja Menyapa Lombok, Harapan PLN Untuk Lombok Bangkit

Memohon dengan sangat, dengan doa yg selalu saya lantunkan dalam hati, pikiran, ucapan juga perbuatan. Setiap hari tiada henti hentinya berdoa, untuk Lombok. Perasaan khawatir masih ada, tapi saya selalu berusaha untuk tenang dan melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Walaupun kadang takut. Tapi karena selalu berdoa, menamkan pikiran positif tiap hari nya, dan tentu nya selalu bersendau gurau dengan orang orang di sekeliling. Waktu yg sebagian besar di kantor, terasa begitu cepat. Dengan kesibukan dan orang orang yang hebat. Ya, saya sekarang di bagian keuangan PLN Area Mataram. Pekerjaan saya lebih sering berkutat dengan komputer dan angka angka. Sekarang tidak pernah lagi ke lapangan, selalu kerja di dalam ruangan dengan setumpuk berkas tagihan. Walaupun begitu, semangat saya tetap menggebu dan Luar Biasa sesuai dengan yel yel PLN Area Mataram : “PLN Jaya! NTB Nusa Terang Benderang! Area Mataram Luar Biasa!” selalu terngiang dan meningkatkan solidaritas dan loyalitas kami sebagai Keluarga Besar PLN Wilayah NTB Area Mataram khususnya.
Dulu, saya memang di bagian Teknik, tepatnya di bagian distribusi bidang Jaringan di sesi pemeliharaan nya (HAR). Dulu sewaktu di teknik, saya lumayan sering ke lapangan dan juga mengurus laporan pelayanan teknik. Mungkin pengalaman saya di teknik terlalu singkat, sekitar 4 tahun saya di bagian pemeliharan sebagai junior officer administrasi teknik. Belum banyak yg saya ketahui mengenai pekerjaan atau laporan yg menyangkut teknik/distribusi khususnya di bagian pemeliharaan. Suka duka saya lalui selama 4 tahun menekuni nya. Tapi ilmu yg saya serap belum banyak, terutama dari senior senior saya. Saya berharap, walaupun saya di bagian keuangan sekarang, saya masih bisa belajar dan memahami terkait teknik. Kadang kalau ada gangguan/pemadaman, ingin sekali tau apa penyebabnya, terkadang saya bertanya dengan orang teknik. Semoga bisa tetap akrab dan berhubungan baik dengan mereka ๐Ÿ™‚ walaupun sudah berbeda bagian, kita masih keluarga besar PLN juga kan. sama sama berjuang menerangi negeri ini. Memiliki harapan yang sama, berharap selalu melihat terang di celah celah kegelapan. Maka dari itu, pelayanan yang terbaik akan selalu kami suguhkan. Dengan segala kekurangan, kami mohon maaf. Semoga kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan kami sebaik baiknya. Di bidang apa pun itu, baik yg menyangkut teknik ataupun nonteknik. Amin.

Saya, dulu yang biasa diberikan tantangan mengurusi laporan teknik dan kadang ke lapangan, sekarang diberikan tantangan baru yaitu lebih banyak berpikir dan berkutat dengan tagihan dan angka angka. Saya harus siap dan teliti. Siap menerima berkas tagihan yang menumpuk biasa pada awal atau akhir bulan dan teliti dalam memverifikasi/memeriksa kelengkapan berkasnya. Di teknik butuh ketelitian, di keungan juga sama, butuh ketelitian. Yg berbeda adalah kalau di teknik ada teori dan praktiknya. Teori nya benar, praktik di lapangan juga harus benar, koordinasi juga harus baik, selalu memperhatikan lingkungan dan keadaan sekitar saat bekerja. Jika di keungan, ketelitiaannya adalah teori dan komunikasi. Teori harus tau, komunikasi harus bagus. Soalnya saya mengurusi tagihan, teori harus tau dan pada waktu menerapkan nya di verifikasi dan sistem bisa tepat. Ketelitian nya sangat di utamakan. Yang kedua adalah komunikasi, komunikasi dengan user/bidang lain yg menyerahkan tagihan, vendor harus baik dan hubungan baik nya harus tetap terjaga. Kesabaran sangat diperlukan disini, cara berbicara dan menyampaikan sesuatu harus sopan dan tegas. Inti nya harus bisa menghadapi user dan vendor. Menghadapi dengan baik. Walaupun terkadang user itu membawa berkas tagihan nya se abrek di saat jam sudah mau pulang. Hiks. Ya harus sabar. Apalagi pas kita periksa berkasnya banyak koreksi atau kurang atau salahnya makin dah sakit hati. Hiks. Sekarang saya lumayan sering pulang di atas jam 6 sore, ya karna saya takut kalau tagihan itu menumpuk. Karna user bawa kadang banyak banyak dalam 1 hari. Belum lagi bawa berkasnya di saat sudah jam jam mau pulang hiks. Alhasil harus totalitas, loyal waktu terhadap hal ini. Semangat ! Walaupun kadang suka kesel sendiri heheh. Ngedumel. ๐Ÿ˜ biar semangat selalu deh saya nyetel lagu kesukaan heheh.

Tadi kebetulan saya pulang lumayan nggak terlalu malam, dan dapat lihat langit senja di halaman belakang kantor PLN Area Mataram. Tidak indah, tapi tenang, tidak seperti senja senja di pinggir pantai atau pegunungan atau tempat indah lainnya. Tidak juga dari sudut pandang yg menarik. Tapi ini membuat saya sadar kalau Lombok memang bukan pulau yg indah, tapi pulau yg penuh harapan. Harapan akan menjadi yang terindah diantara pulau indah yang lainnya. Pulau yang selalu rendah hati, dengan orang orang di dalam nya. Walaupun banyak yang mengatakan Lombok itu indah, tapi tidak membuat Pulau Lombok adalah Pulau yg sombong. Sesungguh nya Lombok bukan pulau yang indah, tapi pulau yang penuh harapan menjadi yg terindah diantara pulau pulau indah lain di dunia. Di bawah langit senja mataram, saya mengadu, betapa saya sering disakiti jika mendengar ada hal buruk tentang Lombok . Di bawah langit senja mataram, saya berdoa semoga Lombok Bangkit lagi. Saya hanya bisa memberikan pengabdian saya kepada Lombok, untuk berusaha dan selalu ikut menerangi bumi Mataram ini. Dibagian apapun saya, teknik atau keuangan atau apapun. Saya adalah bagian dari keluarga besar PLN. PLN Nusa Tenggara Barat, Area Mataram. Berapa hutang yang saya miliki terhadap rejeki, anugrah, rasa syukur yang saya dapat dari Tuhan di bawah Langit senja Pulau Lombok, diatas bumi Mataram ini. Harapan saya adalah “Lombok akan tetap menjadi Pulau yg Rendah Hati, PLN menjadi Abdi Lombok”. Lombok adalah tuan nya, PLN adalah Pelayan nya dan Lombok akan selalu Rendah Hati, PLN akan selalu menjaga hati ๐Ÿ™‚ menerangi Pulau Lombok, Nusa terang benderang dan juga Negeri ini ๐Ÿ˜Š #EnergiOptimisme menerangi negeri, Lombok Bangkit!

Advertisements

Energi Optimisme Menerangi Negeri #LombokBangkit

syarat lombaLama banget udah nggak update blog nih ๐Ÿ™‚ heheh maklum, sibuk karna banyak kerjaan di kantor. mau nulis, tapi kadang pulang kantor udah capek, alhasil tepar deh ehehhee. oya, hari listrik nasional udh deket nih, PLN ngadain lomba menulis nih, temanya “Energi Optimisme Menerangi Negeri”, yg boleh ikutan ya intern aja tapi ehheeh. bukan buat umum. disini tulisannya, disuruh menceritakan pengalaman dalam keikutsertaan menerangi negeri gitu. nah, dulu kan aku emang dibagian teknik, jadi ya tau setidaknya gimana temen-temen yg kerja di lapangan. walapun sekarang sudah dibagian keuangan dan jarang sekali ke lapangan, bahkan bisa dibilang tidak pernah ๐Ÿ™‚ hehhe tapi setidaknya dulu punya pengalama singkat di bagian teknik. dulu aku sempet megang laporan pelayanan tekniknya. hmm.. menganalisa gangguan apa saja yg sering terjadi, terus apa aja upaya yg bisa dilakukan untuk menanggulanginya, pasti selalu evaluasi rutin. Laporan teknik nya tiap bulan sih, tapi tiap hari harus monitoring juga ๐Ÿ™‚ pekerjaan yg menyenangkan buat saya pada waktu itu. karna ada yg me mentori ๐Ÿ™‚ kalau sendiri ya nggak bisa kayaknya heheh. bukan ngga bisa sih, tapi berat jg kalo mikir sendiri itu, mungkin bagi kalian remeh, tapi bagi saya ya ngaak seremeh itu hehehe. maaci bapak supervisor dan asman ku pada zamannya ๐Ÿ™‚

oya, aku ni sekarang algi bingung lho nyari judul yg pas dan menarik buat ttulisan ku yg mau aku ikutin lomba ๐Ÿ™‚ buat nyari pengalaman juga. dibaca udah senang, dan merasa juara banget. so, aku awalnya mau membahas sistem proteksi, tapi loh kok agak gimana gitu ya, soalnya nggak pernah secara langsung nanganin proteksi. aku cuma pernah ngurusin pemeliharaan doang. padahal tulisan udah kelar, tapi ya kok nggak klik ya sama tulisannya. kurang paham gitu rasanya. akan kan di HAR (pemeliharaan) yo kok bisa bahas proteksi ? wkkkwwk lucu juga. ni skarang aku niatnya mau nerombak tulisan ku, yg awalnya bahas proteksi, sekaranga ku mau ubah jadi mebahas pemeliharaan. deadline tanggal 27 september 2018 ini. bisa rampung nggak ya ? bingung juga hahahahha. semoga bisa ya.

Pengen nyari judul yg menari gitu, biar orang penasaran apa ya. ni dari beberapa hari yg lalu mikir, udah daper sih ide nya tapi kata-kata diksi nya yg belum klik ni. sampai pada akhirnya tadi hujan dan alhasil lupa waktu dan sampai lupa makan. ya mikirin apa ya judul yang pas? sampai lupa makan lo.. cepet dah kurus saya ini wkkwwk.. ni baru san makan sekali doang, makan malam. mie godog doang pula. wkwkw. tapi ngga kerasa laper ya, kalau mikir, mikir yg disukai tapi. heheh. mikir, mencari inspirasi itu memang menyenangkan lo. sampai lupa semua-muanya hehehehe.

oya, aku cuma mau singgah bentar aja ni di blog. mau bilang kalau “aku lagi bingung. nyari judul” hehehehhe sip lah. minta doanya ya man teman. see yaaa kalau sempet bakal update lagi,denngan tulisan yg lebih bermanfaat. bukan hanya sekerdar curhat kayak gini hehehe. oke lah, aku lanjut mikir lagi ๐Ÿ™‚ man teman siapa tau punya ide buat judul nya ? tentang pemeliharaan jaringan ? ๐Ÿ˜€

Verifikasi Pembayaran

Baru juni kemarin saya dapat SK pindah bagian, lintas jalur ke bagian keuangan. Awalnya di bagian jaringan yang dominan berkutat dengan hal-hal yang teknis, sekarang berkutat dengan nominal dan angka-angka. Kerjaan rutin saya sekarang adalah verifikasi pembayaran. ya bisa dibilang pekerjaan yang paling mudah di bagian keuangan ini. hehehehe. nah sebelum mengerjakan verifikasi pembayaran ini ada beberapa hal yang harus diketahui dan perhatikan. Yang harus diperhatikan setelah menerima berkas tagihan dari user (orang yang menangani tagihan dari pekerjaan yang telah dilakukan oleh bidang tersebut seperti jaringan, administrasi, TEL dan lainnya). untuk itu kita harus mengecek kelengkapan tagihan tersebut berdasarkan kontrak pekerjaan tersebut, seperti pada check list tagihan dibawah ini misalnya kelengkapannya. jika kurang lengkap kembalikan ke user nya. Kecuali yang berkaitan dengan keuangan yaitu permohonan pembayaran, kuitansi, faktur pajak, surat setoran pajak (SSP), Berita acara pembayaran.

Ingat ya selelu di cek juga paraf serta tandatangannya, beserta nomor-nomor berita acaranya apakah sudah lengkap atau belum ya. Materainya juga ya. Berita acara serah terima pekerjaan dan Berita acara pembayaran selalu ya isi materai 1 lembar materai pada pihak 1 (misal PLN) dan selembar lagi pada pihak ke 2 (Rekanan/vendor). Hal-hal kecil juga perlu diperhatikan ya seperti tanggal, hari yang sesuai, judul pekerjaan, nilai nominal apakah sudah sesuai antara kuitasi, permohonan pembayaran, berita acara pembayaran, e faktur/faktur pajar dengan kontraknya. Tanggalย  kuitansi dan surat permohonan pembayarannya juga ya harus sama dengan tanggal faktur pajak nya/e faktur nya.

screen-10.43.20[10.07.2018]

Nah selain kelengkapan berkas tersebut dan hal-hal kecilnya yang penting tersebut. kita juga harus mengetahui sedikit mengenai pajak ya, istilah PPN danPPH pasti sudah tidak asing lagi kan? PPN itu pajak pertambahan nilai, PPH itu pajak penghasilan. kalau mau tau lebih jelas bisa browsing di mbah google hehhe. ya sedikit tidaknya tau sekilas ya. nah PPH itu ada jenis nya juga apa pekerjaan itu masuk pada PPH pasal 22, pasal 23 atau pasal 4 ayat 2 itu tergantung dari jenis pekerjaannya apakah masuk pada jenis material saja (pengadaan barang) atau jasa. kalau material masuk pph pasal 22, kalau jasa masuk pph pasal 23, kalau material dan jasa masuk pasal 4 ayat 2. itu aja yang dasar harus diketahui ya. sebenernya banyak jenis pph. coba deh googling. heheh. baca-baca gitu banyak rumusannyaย  harus dikali berapa persen. ada juga istilah PPnBM (untuk barang mewah biasanya). ya coba deh baca-baca gitu sedikit tidaknya paham pasti. walaupun latar belakang saya teknik, ya harus paham juga hehehehe. ya formatnya kurang lebih seperti dibawah ini :
screen-10.42.18[10.07.2018]

sebenernya modal utama yang diperlukan dalam verifikasi itu hanya ketelitian kok, jadi harus teliti ya. bagaimana dengan kamu yang baru pindah bagian ? ini yang paling dasar dulu ya.hehehhehe ๐Ÿ™‚ untuk tahap selanjutnya coming soon ya ๐Ÿ™‚

Membuat RAB Pembangunan MVTIC untuk Menunjang Keandalan Sistem

Ketika aku sampai di ruangan kerja aku melihat senior ku (Pak Nurwakhid) sedang sibuk bekerja, padahal waktu itu masih pagi sekali. Memang Bapak yang satu ini selalu rajin datang pagi. Di ruangan cuma aku ber dua bersama beliau. Aku yang langsung salaman kemudian duduk diย  meja kerja mulai termenung, melihat Bapak yang satu itubekerja super cekatan. Padahal tahun ini sudah mau pensiun, tapi tetap saja selalu semangat. Semangatnya mengalahkan yang muda-muda sepertinya. Saya yang masih junior, sangat merasa malu sekali. semoga Bapak selalu sehat ya.

Kemudian iseng saya bertanya, bapak sedang apa ? kemudian dijelaskan lah sedang mengerjakan pembangunan MVTIC. lalu dengan spontan beliau meminta tolong untuk membuatkan RAB nya. Wah astungkara senang sekali bisa dipercaya sama Bapak untuk mengerjakan ini. Mungkin bagi kalian ini pekerjaan yang kecil. Tapi saya senang sekali bisa sharing dan diberikan ilmu oleh Bapak yang satu ini.

Data-data sudah ada, tinggal membuat RAB nya saja kok. Bapaknya juga sudah survey. Dijelaskanlah material apa saja yang diperlukan dalam pembangunan MVTIC ini oleh beliau. Soalnya, saya belum pernah buat RAB (Rencana Anggaran Biaya) MVTIC. Memtok-mentok cuma JTR (Jaringan Tegangan Rendah) aja kalau nggak salah LVTC waktu itu uprating. itu pun sudah lupa. sudah lama sekali nggak buat RAB soalnya.

Ya pertama-tama yang harus diperhatikan dalam membuat RAB adalah material apa saja yang dibutuhkan, berapa jumlahnya serta harga material dan jasa pemasangannya. ingat ya kalau materialnya sudah disediakan dari pihak PLN berarti di RAB nya hanya mencantumkan upah pemasangannya saja ya. ayo di cek lagi agar RAB nya nggak salah. Lain jika materialnya dari pihak rekanan/pemborong, ya baru dicantumkan harga materialnya. ya itu yang penting di cross cek ya, jangan sampe salah hitungnya.

nah pertama-tama, kiat harus mengkhayal dulu, ya soalnya aku nya nggak ikut survey ke lapangan ya harus mengkhayal. Ngayalin kamu aja deh. hehhe. bukan mengkhayal yang macam-macam ya hehhe tapi ngayalin gambar yang sudah disurvey.

mvtic
Pembangunan MVTIC

Ini gambarnya bisa revisi lagi, soalnya kan baru perencanaan, pasti ada revisi biasanya. ini yang gambar bukan saya ya. hehehe. oya, untuk membaca gambar ini, harus tau ya arti simbol-simbolnya. Yang sudah belajar tentang elektro prodi listrik sedikit tidaknya pasti tau kok.

Nah, apa saja yang dibutuhkan untuk membangun MVTIC ?ย tentu saja yang pertama adalah mendirikan tiang nya ya. tiang yang digunakan adalah tiang beton 9 m. Kemudian material lainnya seperti kabel MVTIC 3×150 + 1×95 mm2 nya sepanjang 1058 meter + andongan 5% (spare). Untuk kabel MVTIC spare nya cukup 5%, kalau LVTC baru 3%. 2xfixed and assembly sebanyak 7 set, suspension assembly 32 set, fixed and assembly 2 set, jointing 1 set, terminating 2 set, dudukan terminating 2 set. selengkapnya bisa di klik disini RAB MVTIC.

Sebelum menjadi SPK/Kontrak dan dikerjakan oleh rekanan/pemborong maka harus dilengkapi dulu berkas yang diserahkan seperti lembar Nota Dinas, Justifikasi, Notulen, Lembar Pencadangan Anggaran (PA), RAB, Rekap RAB, Rekap Material serta daftar lokasi, gambar. Tapi tergantung metode pengadaan yang dilaksnakan juga sih, apakah KHS, Pengadaan Langsung, Pelelangan Terbatas, Pelelangan Terbuka.

  1. KHS : Nota Dinas, Notulen
  2. Pengadaan Langsung : Nota Dinas, Notulen, Justifikasi
  3. Pelelangan terbatas : Nota Dinas, Notulen
  4. Pelelangan Terbuka : Nota Dinas, Notulen

Setelah berkas lengkap, kemudian diperiksa dan dikoreksi. Setelah fix, baru supervisor serta asman (asisten manager) memberikan paraf dan tandatangannya. Lalu dimasukkan ke SPARTA (Aplikasi Online untuk memonitor PA dan kontrak/pekerjaan yang dilaksanakan). Setelah berkas dan tandatangan lengkap, baik dari pejabat jaringan dan keuangan beserta Manager. Kemudian diberikan nomor notadinas oleh sekretariat. kemudian baru diserahkan ke bagian pengadaan untuk diterbitkan kontrak/SPK. Kalau disni begitu proses, kalau disana bagaimana ? ๐Ÿ™‚

Tulisan Untuk Bibi : Kelemahanku adalah Kekuatanku

Apa yang bisa membuat mu bersemangat dalam menjali hidup ini ? yang membuatmu bangkit lagi untuk melihat dunia, bahwa dunia ini bener-benar indah. Tentu saja “Cinta” jawabannya. Kekuatan cinta adalah kekuatan yang paling tertinggi di alam semesta ini. Cinta yang menarik semua kebahagiaan. Memancarkan cinta adalah hal yang paling mendasar untuk mendapatkan kebahagian. Kuncinya hanya “Cinta”. Karena cinta kita lahir dan ada di dunia, karena cinta kita bisa hidup sampai sekarang ini. Dari mana dan dimana pun anda cinta adalah kekuatanmu.

Yang menentukan kita bahagia atau tidak adalah diri sendiri. kita yang memilih, mau memancarkan cinta ? anda akan mendapatkan cinta, mau memancarkan kebencian? anda akan mendapat kebencian. Begitulah hukumnya, saling tarik menarik.

Kepada siapa anda memancarkan cinta ? tentu kepada semuanya yang ada di dunia ini. contoh kecil, di dalam keluarga. Cinta yang dipancarkan oleh orang tua kepada anda, akan berdampak kepada anda juga. Anda akan dapat merasakan kebahagiaan yang begitu dahsyat. Begitu juga dengan anda, anda akan menanggapinya dengan cinta. Tapi bagaimana kah jika sebaliknya ? cinta tidak ada di lingkup terkecil anda ? bahkan keluarga ? jangan khawatir, anda lah yang harus berperan di dalam nya, anda dapat memencarkan cinta. Dengan sikap positif anda, dengan rasa syukur anda. Walaupun keadaan tidak mendukung. alihkan dengan hal-hal yang membuat anda bisa memancarkan cinta. Dengan memikirkan dan melakukan hal-hal yang anda cintai. Jika anda tidak dapat merasakan cinta, janganlah itu menjadikan sesuatu kelemahan bagi anda untuk merasakan cinta yang sesungguhnya. taukah kamu kelemahan adalah kekuatan, itu yang saya dapatkan setelah menbaca buku seseorang yang mengalami difabel, namanya habibie.

Buku ini sangat menginspirasi sekali. Penyemangat dan memotivasi kita untuk menjadikan kelemahan yang kita punya sebagai kekuatan di dalam menjalani hidup ini.

buku-habibie-afsyah-kelemahanku-adalah-kekuatanku
Buku Habibie Afsyah

Tentu saja buku ini mengingatkanku pada bibi ku yang mengalami difabel, yang saya panggil dengan “Bu De”. Tapi taukah kamu ? bu de sangat beruntung karena walaupun bu de mengalami difabel, tentu saja bu de tetap bisa tersenyum. Cinta yang membuatnya kuat.

20170416_072256
Bu de & Keluargaku

Foto ini diambil sewaktu kita jalan-jalan di seputaran kampung halaman saya, maaf maaf saja ya saya nggak ada disana, ya tentu saja saya yang mengambil gambarnya hehhee. pada foto itu ada kakak, nenek, ibu serta bibi-bibi saya yag lainnya. sebenarnya sepupu-sepupu saya juga ikut tapi dibalik layar heheheh. Lihat saja, bu de dalam keadaan yang istimewa, bisa tersenyum. bagaimana dengan kita ? kita harus lah banyak bersyukur. Rasa syukur lah kunci dari cinta itu sendiri.

Bu de sehari-hari di rumah kampung halaman ku (Kamasan, Tabanan,Bali) dirawat oleh kakek dan nenek ku yang setia menjaganya. Yah, karena bibi serta paman ku sibuk kerja semua di kota. Tapi setiap ada kesempatan atau libur, pasti kami datang berkunjung. Utamanya yang paling saya salutkan adalah bibi-bibi saya serta suami-suaminya yang selalu mengajak bu de jalan-jalan jika ada kesempatan. Walaupun bibi saya (Bu Cik) dan suaminya seorang dokter yang super duper sibuk beliau sempat-sempat saja selalu datang dan mengajak bu de jalan-jalan. Sangat saya acungi jempol deh. Bu de sangat beruntung, walaupun bu de memiliki kelemahan, tapi itu yang menguatkannya untuk tetap tersenyum karena bu de merasa “istimewa”. terpancar dari senyumnya, apalagi ditambah pancaran cinta dari keluarga. Lihat saja cara nenek ku menyuapinya dengan senyum, memandikannya dengan telaten, menjaganya dengan penuh kasih sayang.

12360282_10201092771359615_7406851903509149788_n
Bu De & Nenek ku

Ingat, selalu jadikanlah Kelemahanmu sebagai kekuatanmu, agar kamu selalu bersyukur dan memencarkan cinta sehingga secara tidak disadari kebahagiaan akan datang bertubi-tubi. Hukum alam dan Hukum tarik-menarik akan tetap berjalan. Tanpa memandang kondisi, waktu dan tempat kita pasti menerimanya. Apa yang kita berikan, itu yang akan kita terima bahkan bisa lebih besar lagi. Kita adalah Magnet. Menarik dan saling menarik. (terinspirasi banyak dari buku The Secret & The Power nya Rhonda Byrne). hehehehe ๐Ÿ™‚

20170416_075029
Kakek & Nenek ku

Terimakasih banyak kepada kakek dan nenek yang selalu menyayangi dan menjaga bu de dengan sepenuh hati. Semoga cinta selalu bisa terpancar dari keluarga kami, karena kami memiliki sesuatu yang “istimewa”, Bu de ๐Ÿ™‚

Cerita Tiga Buku Bersejarah Tembus Kelas Kerjasama PLN-Politeknik Negeri Bali (PNB)

12417555_10201421383294708_4894474728188894396_n

Keinget beberapa tahun yang lalu, sekitar 8 tahun yang lalu saya berjuang untuk mencari perguruan tinggi. Buku inilah yang sangat berjasa buat saya sehingga saya bisa lolos di Politeknik Negeri Bali (PNB). Jurusan yang saya cari adalah teknik elektro program studi teknik listrik nya yang kelas kelas kerjasama PLN-PNB Angkatan Pertama. Yang menariknya disini, ini adalah kelas ikatan dinas, dimana setelah tamat kuliah kita akan langsung diangkat sebagai pegawai PLN. menarik bukan ?*

*dengan syarat-syarat yang berlaku tentunya. syaratnya yaitu tentunya selama kuliah IP nya tidak boleh dibawah 2,75 (pada zaman saya tahun 2010) juga tidak boleh menikah selama berlangsung perkuliahan dan masa pendidikan prajabatan. setelah itu ya boleh. hehehe. jangan sampai cinlok ya. bahaya. hehehe. karena masih peraturannya sesama pegawai PLN tidak boleh menikah, salah satu harus mengalah untuk keluar/resign. tunggu peraturan di bekukan aja/ditiadakan. amin.

Pertama yang harus dilakukan jika ingin masuk kelas ini, harus menyiapkan kelengkapan administrasi terlebih dahulu untuk mendaftar. Biasanya pengumumannya ada di website Politeknik Negeri Bali. (www.pnb.ac.id). nah setelah lolos administrasi dan membayar uang pendaftaran, tentunya kita akan menerima nomor untuk tes beserta jadwalnya. jadi siap-siap ya jangan sampai lupa. soalnya saya punya pengalaman lupa mengikuti tes masuk perguruan tinggi (niatnya mau nyari farmasi) eh malah saya lupa tes dengan alasan tidak ada yang mengingatkan padahal sempat santai di rumah. emang nggak jodoh. lanjut lagi ya.

Tes pertama yang harus dilewati adalah tes potensi akademik. untungnya soalnya itu banyak pakai logika. ada sih hitung-hitungannya, tapi jenis soalnya itu mirip-mirip kayak buku yang saya beli, ini kebetulan atau bagaimana ya ? soalnya ada soal-soal main logika gitu, ada matematika hitung-hitungan gitu sama bahasa inggris juga. perasaan waktu ngerjain itu ya cukup menguras otak juga untuk berpikir. serius banget ngerjainnya, malah dibilang keasyikan dan kebawa suasana, emang sih agak grogi, tapi ya ditutupi dengan soal-soal yang membutuhkan daya imajinasi tinggi. jadi berkhayal gitu di dalam soal-soal. huh hah. ya bagaimana ya mendeskripsikannya. hehehe. semangat. sebenernya, waktu nunggu pengumuman itu, ada sih harapan biar lulus, tapi udah nyiapin plan B juga. plan B nya daftar di perguruan tinggi swasta. maunya nyari komputer akutansi di stikom. tapi setelah penguman tes tahap 1, eh nggak disangka lolos. astungkara. plan B nya masih disimpan ya. karena masih ada tes tahap selanjutnya. Terimakasih buku ku. kalau mau tau info buku nya bisa klik ini Kupas Tuntas Tes Potensi Akademik Masuk Perguruan Tinggi atau googling juga bisa dengan kata kunci judul buku ini.

Tahap selanjutnya yaitu psikotest. inget banget waktu itu dapet duduk paling depan hahaha. dan nggak tau kenapa perasaan waktu itu sangat sangat minder. karna banyak juga siswa yang lolos dari sekolah favorite di Denpasar seperti SMAN 1 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 3 Denpasar. sedangkan aku ? bukan dari sekolah favorite. Apalagi liat mereka itu bawa buku yang tebel-tebel banget, dibaca dipelajari sebelum tes dimulai. nah aku ? buku ku tipis, emang aku udah pelajari isinya semua. apa mencakup ya ? bener-bener berpikir dan minder banget. liat tampang mereka juga jenius jenius banget. tambah minder deh. tapi walaupun gitu, waktu itu aku teteap fokus dan berusaha sebaik mungkin.

Continue reading “Cerita Tiga Buku Bersejarah Tembus Kelas Kerjasama PLN-Politeknik Negeri Bali (PNB)”

Resep Masakan Anak Kos : Martabak Sayur Mie

12576247_10201184414210629_11387900_n (1)
Martabak Sayur Mie

Anak Kos makan mie sudah biasa ya, tapi bagaimana mengolah mie agar lebih berbeda dari biasanya ? memasak mie dengan bahan-bahan simple seadanya. tentunya anak kos selalu punya stok mie kan… apalagi kalau tanggal tua hehehehe. yuk cus kita buat martabak sayur mie…

Bahan-bahan yang disediakan :

  1. Mi instan goreng merk apa saja (kalau saya sih suka nya ya indomie ya)
  2. Wortel
  3. Telur
  4. Tepung serba guna
  5. bawang putih dan cabai
  6. minyak goreng
  7. air

cara membuatnya tentu saja mudah ya,

  1. pertama-tama sepertiย  biasa kita didihkan airnya kemudian masukkan mie nyahingga matang tiriskan. campurkan bersama bumbunya. aduk rata.
  2. mie yang sudah jadi tadi cicampurkan dengan sayur wortel yang sudah di cincang, telor, tepung serba guna secukupnya, ditambah bawang dan cabai yang telah dicincang. aduk adonan sampai merata, jangan terlalu cair atau padat.
  3. panaskan minyak goreng kemudian goreng deh masukkan adonan tersebut, boleh gorengnya sekalian seperti pizza, atau seperti perkedel sesuai selera ya. jadi deh

nah maratabak sayur mie ini enak dimakan tanpa saos juga lo, tapi biasanya di cocol dengan saus sambal lebih nikmat. bisa dipakai camilan atau lauk makan. disajikan dengann nasi hangat. hmm… yummy ๐Ÿ™‚