4 Tahun Hidup di Lombok Pulau Seribu Masjid

Tak terasa sudah 4 tahun tinnggal di Lombok, 1 tahun di Tanjung Lombok Utara, 3 tahun di  Mataram. Tahun 2014 saya pertama kali menginjakkan kaki di tanah Lombok ini, sekitar pertengahan tahun. Memang saya mendapat SK pegawai di tugaskan di Lombok, sungguh sangat sedih harus pergidari tanah kelahiran (Bali). Berpisah dengan keluarga. Hampir saja saya ingin resign waktu itu karena dapat penempatan di luar Bali. Padahal awalnya katanya angkatan pertama kelas kerja sama PLN-PNB ini, katanya semua akan ditempatkan di Bali. Tapi pada final pendidikan (masa prajabatan) ternyata sama sekali tidak ada yang dapat penempatan di Bali. Sungguh sangat kecewa. Apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi masih bersyukur juga di tempatkan di Lombok, soalnya ada juga yang dapat penempatan di Papua, Makasar, Kupang yang lebih timur lagi. Ini saya dapet penempatan yang paling dekat dengan Bali, diantara teman-teman yang lain. Bahkan jika ingin pulang tiap minggu pun bisa. Hanya modal motor saja. tentunya dengan menyeberang sekali.

Kalau mau pulang ya menempuh waktu darat dari kos an di mataram ke pelabuhan Lembar sekitar 1 jam an lewat by pass BIL. Bayar nyebrang pun harga nya standar untuk sepeda motor sekarang Rp. 129.000, – sekali menyeberang. Di laut kita menempuh waktu selama 4-5 jam untuk sampai di pelabuhan padangbai Bali. Dari padangbai ke denpasar sekitar 1,5 jam an juga. ya kalau pulang hari jumat sore, sampai nya di bali ya bisa tengah malem atau dini hari. Minggu nya langsung deh kabur lagi balik ke Lombok. Se hari doang dapet di Bali. Jumat berangkat sampai tengah malam, minggu sudah balik lagi. ya yang penting dapet pulang gitu pikirannya. sudah saja hari jumat tiba, pasti semangat banget. soalnya bisa pulang ke Bali.  hehhee. itu dulu waktu pertama-tama di tempati di Lombok.

Tapi setelah berjalannya waktu, semakin jarang pulang sekarang. Paling sebulan sekali sekarag baru pulang dan jika ada libur panjang saja. hehhe. sudah betah ya ? ya di betah-betahin saja. Lumayan capek dijalan soalnya kalau pulang. Biasanya kalau saya pulang, ada partner pulang nya sama sahabat saya, amik. hehehe. Yang sudah saya anggap seperti saudara sendiri. sama-sama merantau. perempuan juga. temen seangkatan juga. hehhehe. sama-sama dari tabanan juga. Ya banyak kesamaannya.

Nah, bagi teman-temen yang baru saja merantau ke Lombok, jangan sedih ya, Lombok juga indah kok ternyata. disini jarang macet. itu yang saya suka. Dari awalnya lombok hanya punya 1 mall, sekarang sudah berkembang pesat lo, udah banyak mall. Awalnya saya ke lombok hanya ada Mall Mataram saja. Sekarang sudah ada Epicentrum Mall, Trans Mart, Lombook City Centre (tapi sekarang sudah bangkrut). Ya lumayan lah. Hehehe. semakin rame pokoknya.

Ya kalau saya pengen beli baju bisa ke Mataram Mall, Epicentruum juga, ada juga Fashion One, Elizabeth biasanya. Banyak toko baju di seputaran Mataram Mall lo di daerah cakra. Ada pasar cakra juga disana yang jual macem-macem.

Bagi yang agama hindu seperti saya ? kalau mau beli alat-alat upakara, seperti canang, kebaya, kamen, bokoran dan lainnya, ada di daerah karangjasi namanya. Jangan kecewa lo, walaupun kita minoritas disini, setidaknya disini ada pura juga seperti di Bali. yang paling dekat dan terkenal letaknya di tengah kota mataram, yaitu Pura Mayura. Bagus puranya, tamannya luas ada kolam besarnya disana. Ini ada beberapa fotonya saat saya hendak ibadah di Pura Mayura.

Selain Pura Mayura, saya juga sudah kebeberapa pura seperti pura batu bolong, pura gunung sari, pura lingsar, pura suranadi, pura narmada, kalau pura yang lain apalagi ya, seperti baru segitu aja ya hehehe.

12642438_10201200517773208_1952070023113809910_n.jpg
Pura Suranadi

Bersambung…………..

21 Juni 2018

Lanjut lagi ya ceritanya, setelah liburan panjang lebaran 2018 kembali lagi. sebenernya ada di beberapa pura yang sudah saya sempat kunjungi tapi tidak ada foto nya lho. hehehe. seperti pura lingsar, gunungsari, batu bolong dan lainnya. nah, selain pura di mataram, ayo kita bahas dimana aja kuliner yang patut kita ketahui jika tinggal di mataram. ada yang berbau bau masakan bali juga lo. ya yang saya tahu ya. dan beberapa sempat saya ambil fotonya. Berikut saya paparkan beberapa ya kuliner di mataram.

Ini nih salah satu menu terfavorit saya kalau di mataram, namanya babi tumis pedas. kalau mau beli ini datang saja ke Resto Special Pig Mataram di jalan ismail marzuki karangjasi di dekatnya hotel viktor mataram. enak banget lo ini. tumisan daging babi, wortel, jamur, bawang bombay nya ditambah irisan kecil cabe nya. duh mantep. banyak menu yang tersedia di resto ini. ada mie babi, capcay, nasi goreng, banyak deh varian menu babi nya. harganya juga terjangkau kok. kalau babi tumis pedas ini harganya Rp. 18.000, – aja kok. ayo coba kesana.

13319767_10201702065031576_1685586421833736588_n

Nah menu favorite yang kedua adalah siobak singaraja nya. kalau mau beli siobak di mataram ada kok. Letaknya di Warung Bali di dekat warung masakan bali/lawar/babi guling mertha yoga di gebang mataram. enak lo ini recomended. oya warung mertha yoga juga enak be guling nya. deketan lo sama warung bali ini (diseberangnya saja). tapi fotonya nggak ada hehehe. cusss yuk. selain menu siobak, sate babi, plecing juga ada kok. hehehe. maknyuss lah yaaa.

1084_10201086222035886_3651181088057802254_n

Nah kalau yang ini nasi babi guling bu suta yang paling terkenal di mataram. rasanya ya lumayan lah ya. letaknya di Jl. WR. Supratman No. 22, Pancaka, Gomong, Mataram Bar., Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83126. tapi kalau saya lebih suka di mertha yoga hehhehe. tapi yang bu suta enak juga. ya tergantung selera yaa.

nah itu saja dulu menu babi nya ya semeton. yang biasa saya makan selain babi di mataram yaitu bebek itemnya yang nikmat. ini namanya bebek goreng pondok galih. ada menu selain bebek juga, ayam misalnya. letaknya ada di rembige sama jalan lingkar. enak banget deh ini. sangat disarankan untuk kesini.

12743886_10201286012190515_6176392155525453213_n

nah kalau ke lombok biasanya makanan ini yang khas lo, yang harus di coba, yaitu ayam taliwangnya dengan plecing, beberuk, serta tahu lomboknya yang sangat enak dan bener bener khas lombok. harus coba ya. foto diatas ini adalah saya ambil saat makan di warung kania mataram namanya.letaknya di seputaran daerah mataram mall lama yah. enak banget deh. selain warung kania banyak banget kok yang jual taliwang seperti taliwang raya, taliwang tiga tiga, sukma rasa, lesehan green asri. banyak deh pokoknya lesehan di daerah sayang-sayang mataram. salah satu yang terkenal ya biasanya taliwang raya mataram.

33100553_10204476578912689_6697287017417408512_n
Lesehan Green Asri Sayang-sayang Mataram

nah ini foto yang waktu di lesehan green asri nya. mantep deh. ada ikan nya juga kok. macem-macem menunya. tempatnya juga bagus. recomended.

12644944_10201391212380454_5831370094756525138_n

Nah kalau yang ini plecing lombok sama rujak terasi lombok mantep deh. ini belinya di daerah seputaran jalan majapahit mataram. ini tempatnya udah pindah loh, sekarang udah jadi majapahit food centre. pindahnya paling seputaran majapahit kok. hehhehe. ini recomended juga ya.

33525807_10204488789217939_7059253529545801728_n
Begibung

Ini ni yang enak banget juga, sate rembige nya mantep. belinya di begibung (mataram mall).enak banget ini. plecing sama rujak sasaknya juga enak endess banget deh. patut coba kesini ya. letaknya di dalem mataram mall lama yak.

13342969_10201664879141952_2341619540287651384_n

Nah ini juga ada nasi goreng yang terbilang enak lah ya, tapi tanpa sayur lo. bagi yang nggak doyan sayur bisa lah ya. heheh. tapi bagi yang doyan sayur juga boleh juga. tanpa msg, micin dan bahan pengawet lo. harga juga terjangkau. sekitar Rp. 15.000,- an lah ya. menu nya juga macam-macam disini. Namanya Depot Aneka Rasa di Ampenan Jalan Arya Banjar Getas. yuk lah.

12463476_10201127463706902_1572198178_n

Ini juga lumalan enak lah ya, tapi sekarang nasi gorengnya pakai sayur ya. belinya di warung surabaya di jalan industri mataram. emang sih tempatnya emperan gitu. pas di sebelah indomaret jalan industri. disini ada soto ayam kampung juga, lalapan juga ada yah enak lah ya. murah untuk anak kos an seperti saya. tapi saran saya kalau mau makan ini dibungkus aja lah ya. soalnya tempatnya rada panas. hehhehehe. sip lah.

12928407_10201501594459937_6472123552890231166_n

Nah yang ini ada juga yang jual, ya mirip lah ya kayak jajan bali hehehe. yang ini aku belinya di car freeday udayana, ya ada nya tiap hari minggu ajah hehhe. tapi kalau di pasar pasar ada kok yang jualnya di pasar acc misalnya. jajanan pasar ada kok disana.

oh ya kalau bagi anak kos yang lagi pas-pas duitnya misalnya pas tanggal tua gitu, ada lo dagang nasi campur yang ayam nya enak banget murah lagi cuma Rp. 10.000,- an aja kok. ayam goreng nya enak banget lo, gurih. 10 ribu itu udah dapet nasi, ayam, mie, sayur, beberuk. lumayan lah ya. bagi kalian yg engga suka/ belum terbiasa makan beberuk (sambal khas lombok) jangan diisi ya. hehhehe. kayak aku juga belum terbiasa dengan rasa beberuknya. beberuk itu sambal yg isi sayar terong/tuwung mentah di cincang gitu say. namanya warung nasi stabil di Jl. Tanggul, Ampenan Tengah. di dekat-dekat jalan yos sudarso.

dan bagi yang doyan bakso, di mataram susah lo nyari dagang bakso ayam, kecuali buat sendiri ya, beli yang mentah gitu. bagi yang nggak makan sapi, maaf maaf aja ya, sudah ni nyari dagang bakso ayam disini. saya sampai saat ini belum nemu tempat/dagang bakso yg jual bakso ayam di mataram. tapi bagi yang boleh makan daging sapi, ada beberapa tempat makan bakso di mataram yang recomended yaitu : yang recomended pertama adalah bakso sumsum ala jalanan yang letaknya di jalan bung karno mataram. enak banget ada bakso tulang mudanya lo, bakso sumsum, bakso bakar dan berbagai jenis bakso lainnya. kalau aku sih yang paling suka adalah bakso tulang muda nya cuma Rp.20.000,- aja kok. mantap deh. yang kedua adalah warung bakso malang jumbo di jalan adi sucipto dekatnya ke arah pasar kebon roek jikadari kota tua ampenan . ini juga enak kok. terenak kedua lah ya. hehe. dan yang ketiga adalah bakso haji anang (menurut versi saya ya) hehehe. letaknya ada di jalan panji tilar dan Ruko Griya Pesona Rinjani, Jalan Adi Sucipto A – 9, Ampenan Utara, Ampenan, Ampenan Utara, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83511. ada juga bakso-bakso lainnya yang sudah pernah saya coba dan icip-icip. ya yang saya sebutkan cukup yang tiga ter enak saja ya. hehehe.

Kalau yang doyan nasi padang, di mataram yang saya tahu nasi padang yang paling terkenal dan enak adalah nasi padang asano namanya. ada di dekket mall mataram lama, ada juga di jalan air langga di dekat gomong loh ya. heheh. mungkin ada cabang lainnya yang saya belum tahu ya. jangan banyak banyak ya ngambil laun ya maksimal 3 jenis aja ya, biar bayarnya Rp.20.000 an ajah. itu sih saran temen saya. tau lah ya nasi padang kan emang mehong, hehhe. saya pernah milih lauk skitar 5 jenis an wew bayarnya Rp. 46.000, an per porsi nya gilak loh ya. hahahhaa. tapi emang enak sih ya.

Dimana lagi ya tempat asik buat makan plus nongkrong ?? hmm.. ada namanya omah cobek mataram, jual ayam, ikan, gurami plus sambalnya ya lumayan lah rasa dan tempatnya bagus adadi daerah cakra gitu. ada juga namanya CIMSMAK jual aneka makanan juga kayak soto, nasi campur itu aja sih yang tak pernah tak beli, masih banyak juga menu lainnya disini.

oya, selain di bebek goreng pondok galing, bebek yang enak itu ada juga di warung bebek dan ayam bumbu ijo bu fenny di Jl. Panca Usaha No.28g, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83239. sama enaknya lo. recomended. (tersedia juga di mall epicentrum mataram)

ya  kalau mau gampang nyari makan, berbagai makan ada di mall epicentrum mataram, di majapahit food centre juga banyak pilihannya itu. hehehe. so, kalau ada tempat baru saya share deh lagi ya.  oya, mie babi juga ada lo yang enak di daerah cakra gitu, ya emperan sih, tapi di jalan apa ya lupa. hehehe.

satu lagi, lupa saya recomended kalau ke mataram selain taliwang nya yang khas, kangkung, tahu lombok, terasi nya juga, jangan lupa makan sate bulayak nya ya. sate ditemani dengan bumbu berkuah yang nikmat ala sasak dengan tipat/lontong seperti jaje cerorot (lontong dibalut dengan daun aren). mantap gila deh. ada yang ayam ada yang sapi loh ya. biasanya di pura suranadi banyak yang jual, abis sembahyang langsung makan sate plecing. wih mantap. tapi selain di suranadi banyak juga yang jual kok di emperan emperan di mataram.

Sate tanjung juga enak lo, sate tanjung itu seperti sate lilit. banyak yang jual di tanjung (lombok utara),  jadi sate yang khas di lombok itu : sate bulayak, sate rembige, sate tanjung. tiga ini wajib ya diicip icip ya.

kalau di bali  beli ikan bakar khas nya ya di jimbaran ya, kalau di lombok beli ikan bakar khas nya di nipah namanya. di sepanjang pantai gitu. makan sekaligus menikmati pemandangan pantai/laut nya di lombok.

nah, kalau mau hidup di mataram, ya sedikit tidaknya  tau tempat ibadah/sembahyang pura bagi yang hindu. dan jika kangen kuliner khas bali juga harus tau beberapa ya. hehehe. hampir kelupaan. kalau tanggal tua, ada juga masakan khas bali yang harganya kisaran Rp. 10.000 s/d 15.000 aja lo. kalau di bu suta sama resto special pig kan emang agak mahal ya. tapi ini yang murmer alias murah meriah, waung nya ada di daerah ampenan di jalan industri (masakan khas bali kapitan) dekat omega motor honda/tempat service motor. warungnya masuk gang loh yam, ada kok plang nya, masakan khas bali isi tanda panah gitu. seberangnya banjar ya. nah yang satu nya lagi masih ada di ampenan juga di warung nasi ibu tika namanya masuk gang juga loh ya, yang ini lebih terpencil lagi tempatnya. di perumahan brimob gitu. yang ini agak susah sih nyari nya karna nggak ada plang nya. (coba deh search di google maps “Warung Nasi Ibu Tika”)

Nah ringkasnnya kalau lagi bokek dateng aja ke :

  1. Warung Nasi Stabil/halal
  2. Warung Nasi khas Bali Ampenan/babi
  3. Warung Nasi Ibu Tika Ampenan/babi

Itu ya tiga teratas makan yang murah di mataram, murah dan enak loh ya. itu aja sih. yang penting tau beberapa aja ya tentang mataram. tentang pura dan kuliner nya yang sederhana dulu ya. see ya. nanti di lanjut lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s