Apa itu AIL ?

AIL , kedengerannya sudah tak asing lagi kalau sudah sering berkutat dengan arsip. Nah, AIL itu merupakan Arsip Induk Langganan, menyimpan beberapa rangkaian dokumen pelanggan yang digunakan sebagai patokan untuk proses administrasinya. Adapun dokumen di dalamnya berupa SLO, Gambar/Denah Pelanggan, KTP, Kartu Keluarga, PDL, Rekening Listrik Tetangga, SPJBTL, Data Permohonan, Surat Pernyataan Jaminan Asuransi, Kuitansi Pembayaran, Surat Kuasa, Surat Perintah Kerja, Berita Acara, Data Survey, Surat Jawaban dan lain lain.

Ya kadang kita berpikir, kalau kerja di bagian kearsipan itu mudah dan tidak perlu banyak menguras pikiran. Ya memang benar sih pernyataan seperti itu. Pekerjaan yang rutin dan membuat cepat lelah ya di AIL, yang bisa kadang membosankan kalau kerjaan lancar dan ruwet kalau ada kendala.

Menurut kalian santai kah kerja di AIL ? ya kalau tidak rempong harus mengurus berkasnya dan tidak sedang “dalam perbaikan” atau “dalam pekerjaan”.

Continue reading “Apa itu AIL ?”

Advertisements

Kemungkinan nan Mungkin

Bukan, bukan itu yang aku mau,

Tapi aku tidak tahu sakitku,

Bukan bukan itu aku,

Tapi aku tidak mau,

Tidak mau lagi,

untuk berhenti menjadi diri sendiri,

untuk menjadi derita di dalam hati saja,

akankah semua menjadi pecahan yang dalam,

menusuk dan mememcah kapsul dilutut ku ?

sakit memang sakit,

tapi ku harus tetap melangkah,

demi jati diriku yang mungkin kian hari kian meranggas,

mengumpulkan cadangan makanan untuk tidak memecahkannya,

hingga diam kusampai

Ways to Control Anger and Friends

20170416_071912.jpg

Ways to Control Anger and Friends

Stepping on foot to Earth, standing in a different place with different land will invite as much energy as it crosses and connects. The connection must be built to control anger and wearing properties that are sometimes needed. To learn and to inspire some people to be able to reflect on themselves. Not only to the glass but also asking other people, Am I neat?
Glass as our physical reflection, what we see is left to right and right to left. Where about our shadow? when can we see it? when the sun starts to rise or the light lights up in our space. Is the shadow the same as the original? or it could be just a “false” shadow?
What is your “shadow” or my shadow? “Pseudo” in Balinese means “expression” or expression on the face or maybe the expression and expression on the lips.

Kirim masukan
Histori
Disimpan

DiGoyang Tapi Nggak Dapet Saweran ? #MasalahBesar

Dunia penuh tipu muslihat, digoyang tapi nggak dapet saweran ? Lu ikhlas ? Enggak lah. Makan perlu duit, minum pun nggak gratis, kita musti kerja keras. Mana yang lebih terhormat ? Makan tanpa minum atau minum tanpa makan? Lebih lagi, Lu dibilang gini gitu, tapi orang itu sok suci. nggak mau mengakui kesalahannya, bersembunyi dibalik orang lemah. Azab itu tidak lebih kejam dari uang 80 juta. Mana lebih terhomat, pikiran kotor atau perbuatan yang lebih baik ?

Perbuatan boleh baik, apa pikiran sudah sebaik perbuatannya ? Jaga bacot lu !!!!

Lu jangan OMDO DOANG, Tanpa melakukan apappun. Menyembah, tanpa menghaturkan apa-apa. So / Tong Kosong Nyaring Bunyinya. Padi tak akan merunduk, tanpa menghaturkan.

So Jangan urusin hidup GUWE, pang cang kene, urus iban ci pedidi. keto je. Lu punya jalannya, guwe juga punya jalannya, jangan usik guwe. Walapun tanpa surga ditelapak kaki GUWE.

So Lu aja yang sendiri ke Surga.

Tak ada yang bisa guwe raih, kau Lu mengusik guwe terus. Jadi, lu hanya bisa menjadi pelakon saja. Yowislah.

 

 

Psikologi Kesehatan Keselamatan Kerja (K3)

Perhatian yang mengkhusus bukanlah sesuatu yang dianggap tidak adil, itu karena suatu keadaan yang berkaitan dengan fisik dan mental seseorang. Perlakuan yang berbeda, inilah yang membuat gab.

G : Gagal

A : Akibat

B : Berusaha

Inilah yang menjadi pokok, “Berusaha” sifat yang belum pasti. Semakin berusaha, kita bisa mencapai apa yang kita inginkan akan tetapi harus rela kehilangan sebagai gantinya. Rasa Kehilangan ini, yang mebuat jiwa kita sudah “terpuaskan” oleh dunia. Tinggal melanjutkan apa yang seharusnya dilakukan, demi menjadi “Psikologis” yang diinginkan. Berdasarkan Frekwensi yang diinginkan dengan alat bantu untuk menyamakannya. Sifat Psikis seseorang, bisa disamakan dengan gelombang. Gravitasi sangat mempengaruhinya.

Anggap saja Beras tidak sama dengan massa. Harus dikalikan 9,8 atau 10 jika dibulatkan. Jadi, ini bersifat tidak terhingga. Anggap saja limitnya tidak terhingga, sehingga menghasilkan bilangan “0”.

Metafisika itulah jawabannya. Tak terlihat, tapi dapat dirasakan.

Metafisika = Filsafat.

Belajar metafisika kayak kejatuhan taik burung 75 kg hahhaha.

Beda dengan filsafat. Asakusu Basangeset.

Bersambung.

Harapan Senja Menyapa Lombok, Harapan PLN Untuk Lombok Bangkit

Memohon dengan sangat, dengan doa yg selalu saya lantunkan dalam hati, pikiran, ucapan juga perbuatan. Setiap hari tiada henti hentinya berdoa, untuk Lombok. Perasaan khawatir masih ada, tapi saya selalu berusaha untuk tenang dan melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Walaupun kadang takut. Tapi karena selalu berdoa, menamkan pikiran positif tiap hari nya, dan tentu nya selalu bersendau gurau dengan orang orang di sekeliling. Waktu yg sebagian besar di kantor, terasa begitu cepat. Dengan kesibukan dan orang orang yang hebat. Ya, saya sekarang di bagian keuangan PLN Area Mataram. Pekerjaan saya lebih sering berkutat dengan komputer dan angka angka. Sekarang tidak pernah lagi ke lapangan, selalu kerja di dalam ruangan dengan setumpuk berkas tagihan. Walaupun begitu, semangat saya tetap menggebu dan Luar Biasa sesuai dengan yel yel PLN Area Mataram : “PLN Jaya! NTB Nusa Terang Benderang! Area Mataram Luar Biasa!” selalu terngiang dan meningkatkan solidaritas dan loyalitas kami sebagai Keluarga Besar PLN Wilayah NTB Area Mataram khususnya.
Dulu, saya memang di bagian Teknik, tepatnya di bagian distribusi bidang Jaringan di sesi pemeliharaan nya (HAR). Dulu sewaktu di teknik, saya lumayan sering ke lapangan dan juga mengurus laporan pelayanan teknik. Mungkin pengalaman saya di teknik terlalu singkat, sekitar 4 tahun saya di bagian pemeliharan sebagai junior officer administrasi teknik. Belum banyak yg saya ketahui mengenai pekerjaan atau laporan yg menyangkut teknik/distribusi khususnya di bagian pemeliharaan. Suka duka saya lalui selama 4 tahun menekuni nya. Tapi ilmu yg saya serap belum banyak, terutama dari senior senior saya. Saya berharap, walaupun saya di bagian keuangan sekarang, saya masih bisa belajar dan memahami terkait teknik. Kadang kalau ada gangguan/pemadaman, ingin sekali tau apa penyebabnya, terkadang saya bertanya dengan orang teknik. Semoga bisa tetap akrab dan berhubungan baik dengan mereka 🙂 walaupun sudah berbeda bagian, kita masih keluarga besar PLN juga kan. sama sama berjuang menerangi negeri ini. Memiliki harapan yang sama, berharap selalu melihat terang di celah celah kegelapan. Maka dari itu, pelayanan yang terbaik akan selalu kami suguhkan. Dengan segala kekurangan, kami mohon maaf. Semoga kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan kami sebaik baiknya. Di bidang apa pun itu, baik yg menyangkut teknik ataupun nonteknik. Amin.

Saya, dulu yang biasa diberikan tantangan mengurusi laporan teknik dan kadang ke lapangan, sekarang diberikan tantangan baru yaitu lebih banyak berpikir dan berkutat dengan tagihan dan angka angka. Saya harus siap dan teliti. Siap menerima berkas tagihan yang menumpuk biasa pada awal atau akhir bulan dan teliti dalam memverifikasi/memeriksa kelengkapan berkasnya. Di teknik butuh ketelitian, di keungan juga sama, butuh ketelitian. Yg berbeda adalah kalau di teknik ada teori dan praktiknya. Teori nya benar, praktik di lapangan juga harus benar, koordinasi juga harus baik, selalu memperhatikan lingkungan dan keadaan sekitar saat bekerja. Jika di keungan, ketelitiaannya adalah teori dan komunikasi. Teori harus tau, komunikasi harus bagus. Soalnya saya mengurusi tagihan, teori harus tau dan pada waktu menerapkan nya di verifikasi dan sistem bisa tepat. Ketelitian nya sangat di utamakan. Yang kedua adalah komunikasi, komunikasi dengan user/bidang lain yg menyerahkan tagihan, vendor harus baik dan hubungan baik nya harus tetap terjaga. Kesabaran sangat diperlukan disini, cara berbicara dan menyampaikan sesuatu harus sopan dan tegas. Inti nya harus bisa menghadapi user dan vendor. Menghadapi dengan baik. Walaupun terkadang user itu membawa berkas tagihan nya se abrek di saat jam sudah mau pulang. Hiks. Ya harus sabar. Apalagi pas kita periksa berkasnya banyak koreksi atau kurang atau salahnya makin dah sakit hati. Hiks. Sekarang saya lumayan sering pulang di atas jam 6 sore, ya karna saya takut kalau tagihan itu menumpuk. Karna user bawa kadang banyak banyak dalam 1 hari. Belum lagi bawa berkasnya di saat sudah jam jam mau pulang hiks. Alhasil harus totalitas, loyal waktu terhadap hal ini. Semangat ! Walaupun kadang suka kesel sendiri heheh. Ngedumel. 😁 biar semangat selalu deh saya nyetel lagu kesukaan heheh.

Tadi kebetulan saya pulang lumayan nggak terlalu malam, dan dapat lihat langit senja di halaman belakang kantor PLN Area Mataram. Tidak indah, tapi tenang, tidak seperti senja senja di pinggir pantai atau pegunungan atau tempat indah lainnya. Tidak juga dari sudut pandang yg menarik. Tapi ini membuat saya sadar kalau Lombok memang bukan pulau yg indah, tapi pulau yg penuh harapan. Harapan akan menjadi yang terindah diantara pulau indah yang lainnya. Pulau yang selalu rendah hati, dengan orang orang di dalam nya. Walaupun banyak yang mengatakan Lombok itu indah, tapi tidak membuat Pulau Lombok adalah Pulau yg sombong. Sesungguh nya Lombok bukan pulau yang indah, tapi pulau yang penuh harapan menjadi yg terindah diantara pulau pulau indah lain di dunia. Di bawah langit senja mataram, saya mengadu, betapa saya sering disakiti jika mendengar ada hal buruk tentang Lombok . Di bawah langit senja mataram, saya berdoa semoga Lombok Bangkit lagi. Saya hanya bisa memberikan pengabdian saya kepada Lombok, untuk berusaha dan selalu ikut menerangi bumi Mataram ini. Dibagian apapun saya, teknik atau keuangan atau apapun. Saya adalah bagian dari keluarga besar PLN. PLN Nusa Tenggara Barat, Area Mataram. Berapa hutang yang saya miliki terhadap rejeki, anugrah, rasa syukur yang saya dapat dari Tuhan di bawah Langit senja Pulau Lombok, diatas bumi Mataram ini. Harapan saya adalah “Lombok akan tetap menjadi Pulau yg Rendah Hati, PLN menjadi Abdi Lombok”. Lombok adalah tuan nya, PLN adalah Pelayan nya dan Lombok akan selalu Rendah Hati, PLN akan selalu menjaga hati 🙂 menerangi Pulau Lombok, Nusa terang benderang dan juga Negeri ini 😊 #EnergiOptimisme menerangi negeri, Lombok Bangkit!