Verifikasi Pembayaran

Baru juni kemarin saya dapat SK pindah bagian, lintas jalur ke bagian keuangan. Awalnya di bagian jaringan yang dominan berkutat dengan hal-hal yang teknis, sekarang berkutat dengan nominal dan angka-angka. Kerjaan rutin saya sekarang adalah verifikasi pembayaran. ya bisa dibilang pekerjaan yang paling mudah di bagian keuangan ini. hehehehe. nah sebelum mengerjakan verifikasi pembayaran ini ada beberapa hal yang harus diketahui dan perhatikan. Yang harus diperhatikan setelah menerima berkas tagihan dari user (orang yang menangani tagihan dari pekerjaan yang telah dilakukan oleh bidang tersebut seperti jaringan, administrasi, TEL dan lainnya). untuk itu kita harus mengecek kelengkapan tagihan tersebut berdasarkan kontrak pekerjaan tersebut, seperti pada check list tagihan dibawah ini misalnya kelengkapannya. jika kurang lengkap kembalikan ke user nya. Kecuali yang berkaitan dengan keuangan yaitu permohonan pembayaran, kuitansi, faktur pajak, surat setoran pajak (SSP), Berita acara pembayaran.

Ingat ya selelu di cek juga paraf serta tandatangannya, beserta nomor-nomor berita acaranya apakah sudah lengkap atau belum ya. Materainya juga ya. Berita acara serah terima pekerjaan dan Berita acara pembayaran selalu ya isi materai 1 lembar materai pada pihak 1 (misal PLN) dan selembar lagi pada pihak ke 2 (Rekanan/vendor). Hal-hal kecil juga perlu diperhatikan ya seperti tanggal, hari yang sesuai, judul pekerjaan, nilai nominal apakah sudah sesuai antara kuitasi, permohonan pembayaran, berita acara pembayaran, e faktur/faktur pajar dengan kontraknya. Tanggal  kuitansi dan surat permohonan pembayarannya juga ya harus sama dengan tanggal faktur pajak nya/e faktur nya.

screen-10.43.20[10.07.2018]

Nah selain kelengkapan berkas tersebut dan hal-hal kecilnya yang penting tersebut. kita juga harus mengetahui sedikit mengenai pajak ya, istilah PPN danPPH pasti sudah tidak asing lagi kan? PPN itu pajak pertambahan nilai, PPH itu pajak penghasilan. kalau mau tau lebih jelas bisa browsing di mbah google hehhe. ya sedikit tidaknya tau sekilas ya. nah PPH itu ada jenis nya juga apa pekerjaan itu masuk pada PPH pasal 22, pasal 23 atau pasal 4 ayat 2 itu tergantung dari jenis pekerjaannya apakah masuk pada jenis material saja (pengadaan barang) atau jasa. kalau material masuk pph pasal 22, kalau jasa masuk pph pasal 23, kalau material dan jasa masuk pasal 4 ayat 2. itu aja yang dasar harus diketahui ya. sebenernya banyak jenis pph. coba deh googling. heheh. baca-baca gitu banyak rumusannya  harus dikali berapa persen. ada juga istilah PPnBM (untuk barang mewah biasanya). ya coba deh baca-baca gitu sedikit tidaknya paham pasti. walaupun latar belakang saya teknik, ya harus paham juga hehehehe. ya formatnya kurang lebih seperti dibawah ini :
screen-10.42.18[10.07.2018]

sebenernya modal utama yang diperlukan dalam verifikasi itu hanya ketelitian kok, jadi harus teliti ya. bagaimana dengan kamu yang baru pindah bagian ? ini yang paling dasar dulu ya.hehehhehe 🙂 untuk tahap selanjutnya coming soon ya 🙂

Advertisements

Membuat RAB Pembangunan MVTIC untuk Menunjang Keandalan Sistem

Ketika aku sampai di ruangan kerja aku melihat senior ku (Pak Nurwakhid) sedang sibuk bekerja, padahal waktu itu masih pagi sekali. Memang Bapak yang satu ini selalu rajin datang pagi. Di ruangan cuma aku ber dua bersama beliau. Aku yang langsung salaman kemudian duduk di  meja kerja mulai termenung, melihat Bapak yang satu itubekerja super cekatan. Padahal tahun ini sudah mau pensiun, tapi tetap saja selalu semangat. Semangatnya mengalahkan yang muda-muda sepertinya. Saya yang masih junior, sangat merasa malu sekali. semoga Bapak selalu sehat ya.

Kemudian iseng saya bertanya, bapak sedang apa ? kemudian dijelaskan lah sedang mengerjakan pembangunan MVTIC. lalu dengan spontan beliau meminta tolong untuk membuatkan RAB nya. Wah astungkara senang sekali bisa dipercaya sama Bapak untuk mengerjakan ini. Mungkin bagi kalian ini pekerjaan yang kecil. Tapi saya senang sekali bisa sharing dan diberikan ilmu oleh Bapak yang satu ini.

Data-data sudah ada, tinggal membuat RAB nya saja kok. Bapaknya juga sudah survey. Dijelaskanlah material apa saja yang diperlukan dalam pembangunan MVTIC ini oleh beliau. Soalnya, saya belum pernah buat RAB (Rencana Anggaran Biaya) MVTIC. Memtok-mentok cuma JTR (Jaringan Tegangan Rendah) aja kalau nggak salah LVTC waktu itu uprating. itu pun sudah lupa. sudah lama sekali nggak buat RAB soalnya.

Ya pertama-tama yang harus diperhatikan dalam membuat RAB adalah material apa saja yang dibutuhkan, berapa jumlahnya serta harga material dan jasa pemasangannya. ingat ya kalau materialnya sudah disediakan dari pihak PLN berarti di RAB nya hanya mencantumkan upah pemasangannya saja ya. ayo di cek lagi agar RAB nya nggak salah. Lain jika materialnya dari pihak rekanan/pemborong, ya baru dicantumkan harga materialnya. ya itu yang penting di cross cek ya, jangan sampe salah hitungnya.

nah pertama-tama, kiat harus mengkhayal dulu, ya soalnya aku nya nggak ikut survey ke lapangan ya harus mengkhayal. Ngayalin kamu aja deh. hehhe. bukan mengkhayal yang macam-macam ya hehhe tapi ngayalin gambar yang sudah disurvey.

mvtic
Pembangunan MVTIC

Ini gambarnya bisa revisi lagi, soalnya kan baru perencanaan, pasti ada revisi biasanya. ini yang gambar bukan saya ya. hehehe. oya, untuk membaca gambar ini, harus tau ya arti simbol-simbolnya. Yang sudah belajar tentang elektro prodi listrik sedikit tidaknya pasti tau kok.

Nah, apa saja yang dibutuhkan untuk membangun MVTIC ? tentu saja yang pertama adalah mendirikan tiang nya ya. tiang yang digunakan adalah tiang beton 9 m. Kemudian material lainnya seperti kabel MVTIC 3×150 + 1×95 mm2 nya sepanjang 1058 meter + andongan 5% (spare). Untuk kabel MVTIC spare nya cukup 5%, kalau LVTC baru 3%. 2xfixed and assembly sebanyak 7 set, suspension assembly 32 set, fixed and assembly 2 set, jointing 1 set, terminating 2 set, dudukan terminating 2 set. selengkapnya bisa di klik disini RAB MVTIC.

Sebelum menjadi SPK/Kontrak dan dikerjakan oleh rekanan/pemborong maka harus dilengkapi dulu berkas yang diserahkan seperti lembar Nota Dinas, Justifikasi, Notulen, Lembar Pencadangan Anggaran (PA), RAB, Rekap RAB, Rekap Material serta daftar lokasi, gambar. Tapi tergantung metode pengadaan yang dilaksnakan juga sih, apakah KHS, Pengadaan Langsung, Pelelangan Terbatas, Pelelangan Terbuka.

  1. KHS : Nota Dinas, Notulen
  2. Pengadaan Langsung : Nota Dinas, Notulen, Justifikasi
  3. Pelelangan terbatas : Nota Dinas, Notulen
  4. Pelelangan Terbuka : Nota Dinas, Notulen

Setelah berkas lengkap, kemudian diperiksa dan dikoreksi. Setelah fix, baru supervisor serta asman (asisten manager) memberikan paraf dan tandatangannya. Lalu dimasukkan ke SPARTA (Aplikasi Online untuk memonitor PA dan kontrak/pekerjaan yang dilaksanakan). Setelah berkas dan tandatangan lengkap, baik dari pejabat jaringan dan keuangan beserta Manager. Kemudian diberikan nomor notadinas oleh sekretariat. kemudian baru diserahkan ke bagian pengadaan untuk diterbitkan kontrak/SPK. Kalau disni begitu proses, kalau disana bagaimana ? 🙂

Tulisan Untuk Bibi : Kelemahanku adalah Kekuatanku

Apa yang bisa membuat mu bersemangat dalam menjali hidup ini ? yang membuatmu bangkit lagi untuk melihat dunia, bahwa dunia ini bener-benar indah. Tentu saja “Cinta” jawabannya. Kekuatan cinta adalah kekuatan yang paling tertinggi di alam semesta ini. Cinta yang menarik semua kebahagiaan. Memancarkan cinta adalah hal yang paling mendasar untuk mendapatkan kebahagian. Kuncinya hanya “Cinta”. Karena cinta kita lahir dan ada di dunia, karena cinta kita bisa hidup sampai sekarang ini. Dari mana dan dimana pun anda cinta adalah kekuatanmu.

Yang menentukan kita bahagia atau tidak adalah diri sendiri. kita yang memilih, mau memancarkan cinta ? anda akan mendapatkan cinta, mau memancarkan kebencian? anda akan mendapat kebencian. Begitulah hukumnya, saling tarik menarik.

Kepada siapa anda memancarkan cinta ? tentu kepada semuanya yang ada di dunia ini. contoh kecil, di dalam keluarga. Cinta yang dipancarkan oleh orang tua kepada anda, akan berdampak kepada anda juga. Anda akan dapat merasakan kebahagiaan yang begitu dahsyat. Begitu juga dengan anda, anda akan menanggapinya dengan cinta. Tapi bagaimana kah jika sebaliknya ? cinta tidak ada di lingkup terkecil anda ? bahkan keluarga ? jangan khawatir, anda lah yang harus berperan di dalam nya, anda dapat memencarkan cinta. Dengan sikap positif anda, dengan rasa syukur anda. Walaupun keadaan tidak mendukung. alihkan dengan hal-hal yang membuat anda bisa memancarkan cinta. Dengan memikirkan dan melakukan hal-hal yang anda cintai. Jika anda tidak dapat merasakan cinta, janganlah itu menjadikan sesuatu kelemahan bagi anda untuk merasakan cinta yang sesungguhnya. taukah kamu kelemahan adalah kekuatan, itu yang saya dapatkan setelah menbaca buku seseorang yang mengalami difabel, namanya habibie.

Buku ini sangat menginspirasi sekali. Penyemangat dan memotivasi kita untuk menjadikan kelemahan yang kita punya sebagai kekuatan di dalam menjalani hidup ini.

buku-habibie-afsyah-kelemahanku-adalah-kekuatanku
Buku Habibie Afsyah

Tentu saja buku ini mengingatkanku pada bibi ku yang mengalami difabel, yang saya panggil dengan “Bu De”. Tapi taukah kamu ? bu de sangat beruntung karena walaupun bu de mengalami difabel, tentu saja bu de tetap bisa tersenyum. Cinta yang membuatnya kuat.

20170416_072256
Bu de & Keluargaku

Foto ini diambil sewaktu kita jalan-jalan di seputaran kampung halaman saya, maaf maaf saja ya saya nggak ada disana, ya tentu saja saya yang mengambil gambarnya hehhee. pada foto itu ada kakak, nenek, ibu serta bibi-bibi saya yag lainnya. sebenarnya sepupu-sepupu saya juga ikut tapi dibalik layar heheheh. Lihat saja, bu de dalam keadaan yang istimewa, bisa tersenyum. bagaimana dengan kita ? kita harus lah banyak bersyukur. Rasa syukur lah kunci dari cinta itu sendiri.

Bu de sehari-hari di rumah kampung halaman ku (Kamasan, Tabanan,Bali) dirawat oleh kakek dan nenek ku yang setia menjaganya. Yah, karena bibi serta paman ku sibuk kerja semua di kota. Tapi setiap ada kesempatan atau libur, pasti kami datang berkunjung. Utamanya yang paling saya salutkan adalah bibi-bibi saya serta suami-suaminya yang selalu mengajak bu de jalan-jalan jika ada kesempatan. Walaupun bibi saya (Bu Cik) dan suaminya seorang dokter yang super duper sibuk beliau sempat-sempat saja selalu datang dan mengajak bu de jalan-jalan. Sangat saya acungi jempol deh. Bu de sangat beruntung, walaupun bu de memiliki kelemahan, tapi itu yang menguatkannya untuk tetap tersenyum karena bu de merasa “istimewa”. terpancar dari senyumnya, apalagi ditambah pancaran cinta dari keluarga. Lihat saja cara nenek ku menyuapinya dengan senyum, memandikannya dengan telaten, menjaganya dengan penuh kasih sayang.

12360282_10201092771359615_7406851903509149788_n
Bu De & Nenek ku

Ingat, selalu jadikanlah Kelemahanmu sebagai kekuatanmu, agar kamu selalu bersyukur dan memencarkan cinta sehingga secara tidak disadari kebahagiaan akan datang bertubi-tubi. Hukum alam dan Hukum tarik-menarik akan tetap berjalan. Tanpa memandang kondisi, waktu dan tempat kita pasti menerimanya. Apa yang kita berikan, itu yang akan kita terima bahkan bisa lebih besar lagi. Kita adalah Magnet. Menarik dan saling menarik. (terinspirasi banyak dari buku The Secret & The Power nya Rhonda Byrne). hehehehe 🙂

20170416_075029
Kakek & Nenek ku

Terimakasih banyak kepada kakek dan nenek yang selalu menyayangi dan menjaga bu de dengan sepenuh hati. Semoga cinta selalu bisa terpancar dari keluarga kami, karena kami memiliki sesuatu yang “istimewa”, Bu de 🙂

Cerita Tiga Buku Bersejarah Tembus Kelas Kerjasama PLN-Politeknik Negeri Bali (PNB)

12417555_10201421383294708_4894474728188894396_n

Keinget beberapa tahun yang lalu, sekitar 8 tahun yang lalu saya berjuang untuk mencari perguruan tinggi. Buku inilah yang sangat berjasa buat saya sehingga saya bisa lolos di Politeknik Negeri Bali (PNB). Jurusan yang saya cari adalah teknik elektro program studi teknik listrik nya yang kelas kelas kerjasama PLN-PNB Angkatan Pertama. Yang menariknya disini, ini adalah kelas ikatan dinas, dimana setelah tamat kuliah kita akan langsung diangkat sebagai pegawai PLN. menarik bukan ?*

*dengan syarat-syarat yang berlaku tentunya. syaratnya yaitu tentunya selama kuliah IP nya tidak boleh dibawah 2,75 (pada zaman saya tahun 2010) juga tidak boleh menikah selama berlangsung perkuliahan dan masa pendidikan prajabatan. setelah itu ya boleh. hehehe. jangan sampai cinlok ya. bahaya. hehehe. karena masih peraturannya sesama pegawai PLN tidak boleh menikah, salah satu harus mengalah untuk keluar/resign. tunggu peraturan di bekukan aja/ditiadakan. amin.

Pertama yang harus dilakukan jika ingin masuk kelas ini, harus menyiapkan kelengkapan administrasi terlebih dahulu untuk mendaftar. Biasanya pengumumannya ada di website Politeknik Negeri Bali. (www.pnb.ac.id). nah setelah lolos administrasi dan membayar uang pendaftaran, tentunya kita akan menerima nomor untuk tes beserta jadwalnya. jadi siap-siap ya jangan sampai lupa. soalnya saya punya pengalaman lupa mengikuti tes masuk perguruan tinggi (niatnya mau nyari farmasi) eh malah saya lupa tes dengan alasan tidak ada yang mengingatkan padahal sempat santai di rumah. emang nggak jodoh. lanjut lagi ya.

Tes pertama yang harus dilewati adalah tes potensi akademik. untungnya soalnya itu banyak pakai logika. ada sih hitung-hitungannya, tapi jenis soalnya itu mirip-mirip kayak buku yang saya beli, ini kebetulan atau bagaimana ya ? soalnya ada soal-soal main logika gitu, ada matematika hitung-hitungan gitu sama bahasa inggris juga. perasaan waktu ngerjain itu ya cukup menguras otak juga untuk berpikir. serius banget ngerjainnya, malah dibilang keasyikan dan kebawa suasana, emang sih agak grogi, tapi ya ditutupi dengan soal-soal yang membutuhkan daya imajinasi tinggi. jadi berkhayal gitu di dalam soal-soal. huh hah. ya bagaimana ya mendeskripsikannya. hehehe. semangat. sebenernya, waktu nunggu pengumuman itu, ada sih harapan biar lulus, tapi udah nyiapin plan B juga. plan B nya daftar di perguruan tinggi swasta. maunya nyari komputer akutansi di stikom. tapi setelah penguman tes tahap 1, eh nggak disangka lolos. astungkara. plan B nya masih disimpan ya. karena masih ada tes tahap selanjutnya. Terimakasih buku ku. kalau mau tau info buku nya bisa klik ini Kupas Tuntas Tes Potensi Akademik Masuk Perguruan Tinggi atau googling juga bisa dengan kata kunci judul buku ini.

Tahap selanjutnya yaitu psikotest. inget banget waktu itu dapet duduk paling depan hahaha. dan nggak tau kenapa perasaan waktu itu sangat sangat minder. karna banyak juga siswa yang lolos dari sekolah favorite di Denpasar seperti SMAN 1 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 3 Denpasar. sedangkan aku ? bukan dari sekolah favorite. Apalagi liat mereka itu bawa buku yang tebel-tebel banget, dibaca dipelajari sebelum tes dimulai. nah aku ? buku ku tipis, emang aku udah pelajari isinya semua. apa mencakup ya ? bener-bener berpikir dan minder banget. liat tampang mereka juga jenius jenius banget. tambah minder deh. tapi walaupun gitu, waktu itu aku teteap fokus dan berusaha sebaik mungkin.

Continue reading “Cerita Tiga Buku Bersejarah Tembus Kelas Kerjasama PLN-Politeknik Negeri Bali (PNB)”

Resep Masakan Anak Kos : Martabak Sayur Mie

12576247_10201184414210629_11387900_n (1)
Martabak Sayur Mie

Anak Kos makan mie sudah biasa ya, tapi bagaimana mengolah mie agar lebih berbeda dari biasanya ? memasak mie dengan bahan-bahan simple seadanya. tentunya anak kos selalu punya stok mie kan… apalagi kalau tanggal tua hehehehe. yuk cus kita buat martabak sayur mie…

Bahan-bahan yang disediakan :

  1. Mi instan goreng merk apa saja (kalau saya sih suka nya ya indomie ya)
  2. Wortel
  3. Telur
  4. Tepung serba guna
  5. bawang putih dan cabai
  6. minyak goreng
  7. air

cara membuatnya tentu saja mudah ya,

  1. pertama-tama seperti  biasa kita didihkan airnya kemudian masukkan mie nyahingga matang tiriskan. campurkan bersama bumbunya. aduk rata.
  2. mie yang sudah jadi tadi cicampurkan dengan sayur wortel yang sudah di cincang, telor, tepung serba guna secukupnya, ditambah bawang dan cabai yang telah dicincang. aduk adonan sampai merata, jangan terlalu cair atau padat.
  3. panaskan minyak goreng kemudian goreng deh masukkan adonan tersebut, boleh gorengnya sekalian seperti pizza, atau seperti perkedel sesuai selera ya. jadi deh

nah maratabak sayur mie ini enak dimakan tanpa saos juga lo, tapi biasanya di cocol dengan saus sambal lebih nikmat. bisa dipakai camilan atau lauk makan. disajikan dengann nasi hangat. hmm… yummy 🙂

Resep Masakan Anak Kos : Tempe Goreng Sambel Ulek

12439207_10201189586739939_3516196095069177146_n
Tempe Goreng Sambel Ulek

Nah kali ini saya akan bahas mengenai sambel yang recomended yang tentu nya rasa enak dan nggak mengecewakan. Kalau anak kos pasti pengen yang simple kan, males ngulek bumbu an dan belum tentu juga bumbu racikannya sesuai dengan yang diharapkan. saya yang suka banget yang namanya goreng-gorengan kayak tempe, tahu, terong, kerupuk yang murah meriah, tentu aja selalu yang namanya sedia sambal untuk di cocol. Kebetulan sekali foto yang saya pajang adlah tempe goreng dengan sambel nya. mau tau sambel apa ? tentu aja sambel uleg dari finna food. sambel terasinya enak ini, nggak mengecewakan deh. apalagi kalau di tambah mentimun. sambelnya nggak perlu digoreng lagi kok. tinggal di cocol aja loo. praktis kan untuk anak kos. hehehe.

ini mah bukan share resep ya, tapi promosi sambel. hahahhaha. ya sebagai anak kos harus tau lah ya sambel kemasan yang enak kayak “sambel terasi uleg dari finna food ini”. so buat kalian-kalian jangan khawatir ya, kalau mau sambel nggak usah repot ngulek lagi. hehehehe. tinggal beli bahan yang mau di goreng, tinggal goreng,tiriskan, cocol deh dengan sambel uleg terasi dari finna food ini 🙂

Resep Masakan Anak Kos : Ceker dan Sayap Ayam Pedas Rica-Rica

12439141_10201180692277583_6492660910720587258_n
Sayap Ayam Pedas Rica-Rica

Nahyo, buat anak kos yang bosen beli terus, yuk cuss masak. masak yang simple aja. kayak resep yang satu ini. yang mana menggunakan bumbu jadi recomended yang enak banget merk nya “Enak Eco Ayam Rica-Rica”. Tapi nyari nya sekarang rada susah nih bumbu yang satu ini. Waktu ini sih adanya di hypermart epicentrum. tapi baru-baru ini aku cari kesana udah engga ada lagi. apa stocknya habis ya. btw, temen-temen hanya perlu nyiapin bahan-bahan berikut ini lo :

  1. Ayam (bagian apapun) yang paling enak sih sayap atau ceker
  2. bumbu enak eco ayam rica-rica
  3. jeruk nipis
  4. garam, gula, kecap
  5. cabe
  6. mentimun (kalau suka)
  7. air

cara masaknya gampang banget lo,

  1. pertama tama bersihkan dulu ayam nya/cekernya
  2. kemudian didihkan air di dalam panci
  3. masukkan ayamnya, setelah sudah mulai setengah matang
  4. masukkan bumbu nya sambil diaduk aduk
  5. tambahkan sedikit perasan jeruk nipis, garam, gula secukupnya, jika suka kecap tambahkan kecap sesuai selera
  6. tambahkan beberapa potongan timun yang telah dikupas dan hilangkan ya bagian batu timun nya. kupasnya boleh memanjang. masukkan timun nya setelah ayam sudah mulai matang. aduk perlahan
  7. boleh juga timunnya tidak dicampur saat merebus ya, terpisah. seperti makan lalapan.
12687984_10201276496072618_6072185209398211015_n
Ceker Pedas Rica-Rica

Makan dengan nasi hangat. yummy enak banget deh dijamin. simple kan masak dengan bumbu jadi. ingat ya kalau bisa merknya “Enak Eco Ayam Rica-Rica”. So buat anak kos kos yang nggak suka ribet, cuss masak yuk !