Cerita Tiga Buku Bersejarah Tembus Kelas Kerjasama PLN-Politeknik Negeri Bali (PNB)

12417555_10201421383294708_4894474728188894396_n

Keinget beberapa tahun yang lalu, sekitar 8 tahun yang lalu saya berjuang untuk mencari perguruan tinggi. Buku inilah yang sangat berjasa buat saya sehingga saya bisa lolos di Politeknik Negeri Bali (PNB). Jurusan yang saya cari adalah teknik elektro program studi teknik listrik nya yang kelas kelas kerjasama PLN-PNB Angkatan Pertama. Yang menariknya disini, ini adalah kelas ikatan dinas, dimana setelah tamat kuliah kita akan langsung diangkat sebagai pegawai PLN. menarik bukan ?*

*dengan syarat-syarat yang berlaku tentunya. syaratnya yaitu tentunya selama kuliah IP nya tidak boleh dibawah 2,75 (pada zaman saya tahun 2010) juga tidak boleh menikah selama berlangsung perkuliahan dan masa pendidikan prajabatan. setelah itu ya boleh. hehehe. jangan sampai cinlok ya. bahaya. hehehe. karena masih peraturannya sesama pegawai PLN tidak boleh menikah, salah satu harus mengalah untuk keluar/resign. tunggu peraturan di bekukan aja/ditiadakan. amin.

Pertama yang harus dilakukan jika ingin masuk kelas ini, harus menyiapkan kelengkapan administrasi terlebih dahulu untuk mendaftar. Biasanya pengumumannya ada di website Politeknik Negeri Bali. (www.pnb.ac.id). nah setelah lolos administrasi dan membayar uang pendaftaran, tentunya kita akan menerima nomor untuk tes beserta jadwalnya. jadi siap-siap ya jangan sampai lupa. soalnya saya punya pengalaman lupa mengikuti tes masuk perguruan tinggi (niatnya mau nyari farmasi) eh malah saya lupa tes dengan alasan tidak ada yang mengingatkan padahal sempat santai di rumah. emang nggak jodoh. lanjut lagi ya.

Tes pertama yang harus dilewati adalah tes potensi akademik. untungnya soalnya itu banyak pakai logika. ada sih hitung-hitungannya, tapi jenis soalnya itu mirip-mirip kayak buku yang saya beli, ini kebetulan atau bagaimana ya ? soalnya ada soal-soal main logika gitu, ada matematika hitung-hitungan gitu sama bahasa inggris juga. perasaan waktu ngerjain itu ya cukup menguras otak juga untuk berpikir. serius banget ngerjainnya, malah dibilang keasyikan dan kebawa suasana, emang sih agak grogi, tapi ya ditutupi dengan soal-soal yang membutuhkan daya imajinasi tinggi. jadi berkhayal gitu di dalam soal-soal. huh hah. ya bagaimana ya mendeskripsikannya. hehehe. semangat. sebenernya, waktu nunggu pengumuman itu, ada sih harapan biar lulus, tapi udah nyiapin plan B juga. plan B nya daftar di perguruan tinggi swasta. maunya nyari komputer akutansi di stikom. tapi setelah penguman tes tahap 1, eh nggak disangka lolos. astungkara. plan B nya masih disimpan ya. karena masih ada tes tahap selanjutnya. Terimakasih buku ku. kalau mau tau info buku nya bisa klik ini Kupas Tuntas Tes Potensi Akademik Masuk Perguruan Tinggi atau googling juga bisa dengan kata kunci judul buku ini.

Tahap selanjutnya yaitu psikotest. inget banget waktu itu dapet duduk paling depan hahaha. dan nggak tau kenapa perasaan waktu itu sangat sangat minder. karna banyak juga siswa yang lolos dari sekolah favorite di Denpasar seperti SMAN 1 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 3 Denpasar. sedangkan aku ? bukan dari sekolah favorite. Apalagi liat mereka itu bawa buku yang tebel-tebel banget, dibaca dipelajari sebelum tes dimulai. nah aku ? buku ku tipis, emang aku udah pelajari isinya semua. apa mencakup ya ? bener-bener berpikir dan minder banget. liat tampang mereka juga jenius jenius banget. tambah minder deh. tapi walaupun gitu, waktu itu aku teteap fokus dan berusaha sebaik mungkin.

Continue reading “Cerita Tiga Buku Bersejarah Tembus Kelas Kerjasama PLN-Politeknik Negeri Bali (PNB)”

Advertisements